Project Pelajar Pancasila di SMA PGRI 3 Jakarta
Oleh: Afrinawati, S.Pd.
Profil pelajar Pancasila adalah karakter dan kemampuan yang dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap individu peserta didik melalui budaya satuan pendidikan, pembelajaran intrakurikuler, projek penguatan profil pelajar Pancasila, dan ekstrakurikuler yang merupakan visi darui pendidikan dan visi sma pgri 3 jakarta
Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan projek Lintas Disiplin Ilmu yang kontekstual dan berbasis pada kebutuhan masyarakat atau permasalahan di lingkungan satuan pendidikan. (Pada pendidikan kesetaraan berupa projek pemberdayaan dan keterampilan berbasis profilPelajar Pancasila).
Beberapa dekade terakhir, pendidik dan praktisi pendidikan di seluruh dunia mulai menyadari bahwa mempelajari hal-hal di luar kelas dapat membantu peserta didik memahami bahwa belajar di satuan pendidikan memiliki hubungan dengan kehidupan sehar- hari. Jauh sebelum itu, Ki Hajar Dewantara sudah menegaskan pentingnya peserta didik mempelajari hal-hal di luar kelas, namun sayangnya selama ini pelaksanaan hal tersebut belum optimal. “... perlulah anak anak [Taman Siswa] kita dekatkan hidupnya kepada perikehidupan rakyat, agar supaya mereka tidak hanya memiliki ‘pengetahuan’ saja tentang hidup rakyatnya, akan tetapi juga dapat ‘mengalaminya’ sendiri dan kemudian tidak hidup berpisahan dengan rakyatnya.” Ki Hadjar Dewantara
Projek penguatan profil pelajar Pancasila, sebagai salah satu sarana pencapaian profil pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Dalam kegiatan projek profil ini, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting seperti perubahan iklim, anti radikalisme, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi sehingga peserta didik dapat melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya. Projek penguatan profil pelajar Pancasila diharapkan dapat menginspirasi peserta didik untuk berkontribusi bagi lingkungan sekitarnya
Berbagai kegiatan yang dilakukan peserta diidk pada saat project
1) Kegiatan diskusi
Kegiatan diskusi ini bertujuan agar peserta didik mampu mengembangkan kegiatan kolaborasi / kerjasama, saling memberikan ide / sumbang saran, memimpin dalam kelompok, mengambil keputusan, kreatif dalam mengemukakan pendapat dan menemukan solusi secara bersama, menengahi permasalahan yang muncul dan menahan ego pribadi.
2) Kunjungan ke rumah guru pembimbing
Pada kelompok ini membuktikan peserta didik kreatif dan menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi. Karena terbatasnya komunikasi dengan guru pembimbing project sehingga memunculkan ide peserta didik untuk menemui langsung guru pembimbingnya.
3) Kunjungan ke rumah narasumber
Pada tahap ini peserta didik berkolaborasi dengan narasumber sebagai bentuk penanaman project pelajar pancasila untuk mencintai budaya sebagai identitas bangka, perserta didik di ajak turun langsung kelapangan sebagai generasi muda, mengenal kebiudayaan musik betawi / gambang kromong
4) Seminar hasil project
Pada tahap ini peserta didik belajar untuk mengemukakan hasil kolaborasi project selama 3 minggu secara berani kepada penguji.
Dengan kegiatan project yang dilakukan diharapkan pembimbing mampu menumbuhkan karakter profil pelajar pancasila dalam peserta didik nantinya.